Gunung-Gunung di Dieng

Dieng merupakan Dataran Tinggi yang di kelilingi oleh Gunung-Gunung di Sekitarnya, Jika anda berada di Dieng, pada seluruh penjuru mata angin anda bisa menjumpai pemandangan pegunungan dan perbukitan seperti mengepung wilayah ini. Sehingga Dieng Juga sering Terdengar dengan sebutan Dieng Plateau. Beberapa gunung di Dieng diantaranya :

1.    Gunung Prau

2.    Gunung Sikunir

3.    Gunung Pakuwaja

4.    Gunung Pangonan

5.    Gunung Bisma

6.    Gunung Saroja

7.    Gunung Sikudi

 

Gunung Prau Dieng


Savana di Bukit Teletubies Gunung Prau , kategori Gunung Favorit untuk pendakian

Gunung Prau terletak pada ketinggian 2560 m di atas permukaan laut, masuk wilayah beberapa Kabupaten sekaligus. wilayah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Sedang secara Astronomis Gunung ini terletak pada koordinat 7° 11' 13" LS,  109° 55' 22" BT.

Bentuk Gunung Prau yang memanjang meliputi beberapa Wilayah Kabupaten memungkinan Gunung ini untuk ditempuh melalui beberapa Alternatif Jalur Pendakian. Lewat Jalur utara, anda bisa melalui Kabupaten Kendal, Semisal dari Desa Genting Gunung, Desa Balong, Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan mendaki melewati jalur Utara kurang lebih memakan waktu 6 Jam.

asal usul nama Gunung prau Konon katanya kalau dilihat dari atas maka gunung ini terlihat besar membentang seperti prahu dan lembah lembah dibawah gunung itu terlihat bergelombang seperti ombak ditengah samudra sehingga gunung ini di sebut dengan nama perahu/prau bahasa jawa.
asal usul nama gunung prau ini juga ada yang menceritakan jika konon katanya jika yang terkandung dilam gunung prau ini adalah air yang melimpah ruah, tidak heran kenapa dilereng  gunung prau ini terdapat banyak sekali mata air dan akhirya gunung ini diberi nama gunung perahu / prau, hehe... entah itu masih ada sambungannya atau orang jawa kalo keingat air maka mereka keingat juga tentang prau.

Jelajahi Keindahan Gunung Prau

Gunung Sikunir Dieng


Golden Sunrise di Sikunir

Bagi yang pernah ke Dataran Tinggi Dieng, Gunung Sikunir tentu sudah tidak asing. Gunung dengan ketinggian kurang lebih 2.350 mdpl ini sering didaki para wisatawan untuk melihat panorama Golden Sunrise Dieng yang mempesona. Dibawah Gunung ini terdapat Telaga Cebong, yang juga merupakan point awal pendakian menuju Puncak.

Jarak Tempuh menuju puncak memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Meski Jalur pendakian tidak terlalu sulit, disarankan bagi para wisatawan agar ditemani oleh Tour Guide lokal apalagi jika mendaki dipagi buta mengingat kanan-kiri jalur pendakian lumayan curam.

Dari Puncak sikunir ini, Selain bisa melihat Sunrise anda juga bisa melihat pemandangan lima Gunung sekaligus, yaitu: Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Kembang dan Gunung Perahu.

Gunung Pakuwaja Dieng


Gunung Pakuwojo merupakan gunung yang terletak di daerah Dieng, Jawa Tengah, Puncak gunung pakuwojo terleak di ketinggian 2395 mdpl, banyak yang menyebut puncak Pakuwojo merupakan puncak tertinggi di antara pegunugan yang ada di Dieng, menurut cerita dari masyarakat sekitar dahulu sebelum pulau jawa berpenghuni, pulau jawa ini sering mengalami gempa bumi, nah karna hal tersebut kemudian dewa membawakan paku dari puncak gunung everest untuk di tancapkan di tengah-tengah pulau jawa tepatnya di desa Tieng, desa yang terletak di daerah dataran tinggi Dieng, maka terbentuklah Pakuwojo atau paku-nya jawa. Wuiiiiiiihh... Sakti gila gak tuh...  Gunung pakuwojo terletak tepat di sebelah gunung sikunir, buat kamu... iya... kamu... yang sudah pernah mendaki ke bukit Sikunir mungkin sudah pernah melihat puncak dari gunung Pakuwojo, pasalnya antara bukit Sikunir dan gunung Pakuwojo hanya bersebelahan saja. Memang Bukit Sikunir lebih populer di banding gunung Pakuwojo, tapi menurut saya view-nya Pakuwojo nggak kalah kog sama di Sikunir dan kawan2....

Sunrise dari Puncak Pakuwaja

Jika ingin melihat Panorama Dieng dengan sudut pandang yang berbeda, datanglah ke gunung ini. Terletak di selatan gunung sikunir, Gunung di ketinggian kurang lebih 2413 mdpl ini memiliki jalur pendakian yang lebih mudah dengan jarak tempuh antara setengah hingga satu jam. Start dari desa Sembungan sepanjang perjalanan anda akan melihat perladangan penduduk, rerumputan dan semakin naik anda akan menjumpai batu andesit berserakan.  Dari berbagai informasi yang kami dengar, dari batu-batu andesit gunung Pakuwaja lah komplek Candi di Dieng dibangun.

Yang unik dari Gunung Pakuwaja adalah di puncaknya anda bisa melihat batu besar menjulang berbentuk serupa Menhir. menurut mitos yang beredar, Batu tersebut adalah Pakunya jawa.

Dari Puncak Gunung Pakuwaja anda bisa melihat lanskap dataran tinggi Dieng dengan lebih leluasa. Kawasan Wisata telaga warna, Kawah Sikidang, Komplek Candi Dieng, tampak berbeda dilihat dari sudut Pakuwaja. Pemandangan Sunrise di Pakuwaja juga tidak kalah menarik dari Penampakan sunrise di Sikunir.

Gunung Pangonan Dieng


Jika anda merupakan seorang traveler yang sedang mencari destinasi wisata baru mungkin tidak ada salahnya jika anda mencoba mendaki puncak gunung pangonan ini, ya salah satu gunung yang terletak di desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ini memang dikenal karena memiliki objek-objek wisata yang sangat menarik dan terkenal akan keindahannya yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan wisata di tempat lain, di samping itu juga gunung pangonan dieng memang menawarkan sejumlah pemandangan eksotik oleh sebab itu maka tak heran jika gunung pangonan ini sangat disukai oleh para pendaki, baik itu pendaki domestik maupun pendaki mancanegara.

Jika ditinjau secara geografis gunung pangonan dieng ini memiliki ketinggian sekitar 2100 meter diatas permukaan laut, sedangkan secara topografi alamnya gunung ini dikelilingi oleh wilayah perbukitan dan juga lembah-lembah yang hijau, yang menarik dari gunung pangonan ini ialah para pendaki hanya butuh waktu 20 menit untuk bisa mencapai puncak gunung.

Selain itu juga rute pendakian menuju puncak gunung pangonan dieng ada banyak sekali namun Diantara banyak rute menuju puncang gunung pangonan dieng, salah satu rute yang sangat difavoritkan oleh pendaki ialah dengan melalui jalur musium kaliasa dieng, sebab selain lebih dekat juga jalur pendakian menuju puncak lewat musium kaliasa dieng ini sangatlah mudah dilalui dan tidaklah terlalu terjal, setelah anda berhasil mendaki puncak gunung pangonan ada banyak sekali objek-objek wisata lain yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke gunung pangonan ini berikut diantaranya.

Gunung Bismo Dieng


Gunung Bismo adalah salah satu dari sekian banyak gunung yang ada di Kabupaten Wonosobo.

Gunung ini terletak di sebelah utara kabupaten wonosobo, berada di sekitar dataran tinggi Dieng.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.200Mdpl ini masih perawan dan belum banyak dijamah manusia.

Gunung Bismo luas dan dipenuhi dengan jurang-jurang terjal membuat pemandangan semakin indah.

Untuk mencapai puncak gunung Bismo bisa dengan melalui banyak pilihan tempat, tapi menurut saya paling mudah adalah dengan melalui dusun Silandak, Desa Slukatan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo. Karena kalau melewati jalur ini jalan sampai ke puncak sudah jelas dan mudah karena sering dilewati orang, sedangkan kalau lewat jalan lain tidak jelas jalannya.

Tidak ada basecamp ataupun post pendakian untuk sampai ke puncak, dan gunung ini masih sepi, hanya terlihat di kanan kiri pohon-pohon dan semak, setelah melewati dusun Silandak kita masih harus melewati tanah pertanian milik warga setempat, jalur yang sama ini juga bisa dilewati dari desa di baratnya silandak seperti dari desa Melikan dan Buntu Dero Duwur. Setelah melewati tanah pertanian, kita akan melewati hutan semak dan ilalang.

Padang ilalang terus berlanjut sampai ke pertengahan gunung, setelah di pertengahan kita akan melewati hutan pakis besar

Lanjut lagi kita akan mendaki ditemani dengan hutan belantara yang rimbun, sering kali kita harus merangkak untuk melewati jalannya

Disitu kita juga akan menemui medan yang cukup ekstrim, memiliki ketinggian sekitar 4 meter dan memiliki kmiringan sudut sekitar 90 derajat, jadi kita karus hati-hati

Perjalanan sampai puncak bisa kita tempuh dalam waktu sekitar 3-4 jam, untuk yang bisa cepet 2jam juga nyampe.

Kita harus hati hati bro, pasalnya setelah melewati hutan kita akan memutari pinggiran puncakgunung untuk sampai ke puncak tertinggi, di samping akan kita lihat celah gunung yang sangat dalam, pemandangan yang indah sedikit mengerikan karena kita harus berjalan di jalan setapak sempit yang dikelilingi jurang sangat dalam.

Teruslah berjalan sampai kalian melihat bendera di puncak, jika kita menengok ke belakang kita akan lihat yang barusaja kita lewati. harus hati-hati sampai puncak karena jalannya ekstrim, tanah yang kita injak hanya sekitar setengah meter lebarnya, kemudian langsung jurang dalam, sesekali kita harus merangkak naik di batu, tapi santai aja deh ya yang penting hati-hati, setelah sampai di bendera itu tandanya kita sudah sampai di puncak.

kita akan melihat ada makam disitu, itu biasanya disebut punden mbah Bismo, ada baiknya kita berdoa disitu dulu, mendoakan mbah Bismo tersebut agar perjalanan kita selamat. Ingat loh bro mendaki itu harus memakai etika gak sembarangan.

Setelah berdoa disitu baru kita boleh berfot-foto, ataupun makan minum melepas lelah ditemani dengan keindahan yang hanya kita lihat dari puncak gunung Bismo.

 

Gunung saroja Dieng


Bukit Seroja yang berada tepat di atas Telaga Menjer, memiliki pesona alam yang luar biasa. Para pengunjung bisa menyaksikan keindahan Telaga Menjer dari atas bukit tersebut. Seperti di Bukit Sikunir, wisatawan juga bisa menyaksikan kemolekan sunrise (matahari terbit) menyembul di atas Telaga Menjer,

Meski sama-sama menawarkan panorama sunrise seperti Bukit Sikunir, di Bukit Seroja wisatawan akan disuguhkan pemandangan berbeda dengan menyembulnya matahari terbit di atas Telaga Menjer. Tak hanya itu, bila cuaca cerah, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Kota Wonosobo dari atas Bukit Seroja.

Meski demikian, sampai saat ini Desa Wisata Bukit Seroja berada di perbatasn Desa Maron dan Desa Tlogo ini masih dalam tahap penyiapan lahan. Pemerintah desa setempat terus berupaya membuka akses jalan masuk menuju lokasi wisata. Termasuk membenahi sejumlah infrastruktur pendukungnya.

Menurut Kades Maron, Marji pihaknya menargetkan awal 2016 mendatang, Desa Wisata Bukit Seroja sudah resmi dibuka untuk umum.

 

Gunung  Sikudi  Dieng


(2237MDPL)

Terletak di Desa Kreo, Kec.Kejajar, Kab. Wonosobo kalian bisa ambil jalur arah Jl. Dieng  dari kota Wonosobo lalu kalian ambil arah telaga menjer setelah sampai Desa Garung atau sebelum pasar Garung, terus setelah sampai telaga menjer kalian bisa langsung ke Desa Kreo nanti ada papan arah Basecamp Sikudi, santai gaes jalannya aspal mulus sampai tujuan heheheheh ,,

Dan bagi kalian yang ingin melihat Golden Sunrise yang tersohor seantero Asia dari sudut yang berbeda kalian bisa tahklukkan The Supertrack of Dieng Sikudi.

 

 

 

 

Download Freewww.bigtheme.net/joomla Joomla Templates Responsive