PANDUAN TOUR DIENG

Panduan ke Dieng

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi wisata alam luar biasa. Keelokan alam Indonesia memang menggoda untuk terus dijelajahi tiap jengkalnya. Pernahkah kamu mendengar tentang wisata di dataran tinggi Dieng?

Kawasan dataran tinggi yang secara geografis masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo ini belakangan jadi primadona baru bagi wisatawan. Dieng kini tak pernah sepi, selalu ada keelokan yang bisa dinikmati jika tour Dieng.

Maka dari itu untuk membantu kamu yang ingin jalan-jalan tour Dieng tanpa bikin kantung kamu jadi rombeng, kali ini Wow Dieng sengaja menuliskan artikel yang berisi tips dan trik jalan-jalan hemat ke dataran tinggi yang cantik ini. Penasaran bagaimana caranya? Simak selengkapnya di artikel ini.

  1. Kemas baju hangat dan jaketmu. Suhu dingin dataran Dieng (siang hari 12 – 20 dan malam 6 – 10 ) membuat kamu wajib mempersiapkan diri.

Sebelum pergi tour Dieng, kamu wajib mempersiapkan kondisi fisikmu. Terutama bagi kamu yang tidak tahan terhadap udara dingin. Suhu di Dieng cukup dingin, jika tidak hati-hati kamu malah bisa jatuh sakit dalam perjalanan yang seharusnya bisa membuatmu senang.

Kemas jaket tebal, sarung tangan, dan penutup kepala ke dalam tas yang akan kamu bawa. Jika biasanya kamu hanya butuh membawa 3 helai baju untuk perjalanan 2 hari 1 malam, khusus untuk perjalanan ke Dieng saya sarankan untuk membawa baju lebih dari kebutuhan. Dinginnya udara Dieng seringkali harus membuatmu mendobel pakaian.

Selain itu jangan lupa juga untuk membawa pelembab seperti cream wajah, lotion, dan lip balm. Udara yang dingin bisa menyebabkan kulit badan dan bibirmu kering atau bahkan mengelupas. Tentu tidak nyaman bukan jika vakansimu terganggu karena urusan penampilan?

  1. Perjalanan Tour Dieng bisa kamu tempuh dengan 2 moda transportasi. Pilih saja, mau naik bus atau kereta api?

Untuk bisa sampai ke Dieng kamu bisa menggunakan alternatif perjalanan darat baik menggunakan bus ataupun kereta api. Jika kamu berasal dari luar Pulau Jawa, kamu juga bisa menggunakan pesawat untuk kemudian mendarat di Yogyakarta, Semarang, atau bahkan Solo. Kemudian, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Bus.

  1. Perjalanan darat dari Dieng ke Wonosobo tidak akan terasa membosankan. Hijaunya pemandangan pasti memanjakan matamu.

Bagi kamu yang berasal dari kota besar tentu memandangi persawahan dengan terasering dan bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau adalah pemandangan langka yang tidak sering kamu jumpai sehari-hari. Perjalanan selama kurang lebih 60 menit dari pusat kota Wonosobo menuju ke Dieng akan memberikan sebuah pengalaman memandangi pesona alam yang jarang kamu jumpai tersebut.

Udara sejuk yang menyelimuti selama perjalanan pun menjadi pelengkap penyempurna indahnya tour Dieng kamu ke daerah wisata yang dikenal dengan julukan Tanah Dewa-Dewi ini.

  1. Sesampainya di Dieng, langsung saja berburu penginapan. banyak penginapan yang terjangkau dan nyaman, kok!

Sebagai tujuan wisata yang tidak pernah sepi pengunjung, Dieng dipenuhi dengan banyak homestay yang bisa kamu pilih. Harga homestay yang kebanyakan dikelola oleh warga lokal ini pun amat bervariasi, mulai dari yang 100 ribu per malam hingga 250 ribuan semalamnya. Semua tergantung fasilitas dan kenyamanan homestay.

Jika kamu berkunjung dengan rombongan besar, lebih baik sewa satu rumah sekaligus. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 600-800 ribu rupiah untuk menyewa satu homestay secara penuh per-harinya. Jika dibagi 10 orang, hanya 60-80 ribu saja tuh.

Oh iya, satu yang harus kamu pastikan ada dalam penginapan yang akan kamu sewa: AIR HANGAT!

  1. Kebanyakan kedai makan tidak memiliki menu dengan daftar harga. Supaya kamu tidak terperdaya, jangan malu bertanya sebelum memesan.

Pada umumnya biaya makan di Dieng untuk sekali makan berkisar antara Rp 10.000 – Rp 15.000. Akan tetapi karena masih banyak rumah makan yang tidak menyediakan daftar harga untuk para pengunjung sehingga ada banyak wisatawan yang mengaku membayar lebih dari kisaran harga yang ditetapkan. Agar kamu tidak kena “getok” pedagang, pastikan dulu kamu bertanya sebelum memesan.

Sudah sampai di Dieng, kamu wajib mencoba Mie Ongklok yang biasa dimakan dengan sate tahu plus Purwaceng yang terkenal sebagai makanan khas Dieng.

Demikian sedikit panduan untuk anda yang ingin liburan  Tour Dieng.

About Author

client-photo-1
wow.dieng

Comments

Tinggalkan Balasan